Nih Evaluasi Hasil Berguru Pada Kemampuan Berpikir

Sasaran Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada kemampuan berpikir (pengetahuan) yaitu sebagai berikut.


Kemampuan BerfikirDeskripsi
"Mengingat:
mengemukakan kembali apa yang sudah dipelajari dari guru, buku, sumber lainnya sebagaimana aslinya, tanpa melaksanakan perubahan"Pengetahuan hafalan: ketepatan, kecepatan, kebenaran pengetahuan yang diingat dan dipakai dikala menjawab pertanyaan perihal fakta, definisi konsep, prosedur, hukum, teori dari apa yang sudah dipelajari di kelas tanpa diubah/berubah.
Memahami: Sudah ada proses pengolahan dari bentuk aslinya tetapi arti dari kata, istilah, tulisan, grafik, tabel, gambar, foto tidak berubah. Kemampuan mengolah pengetahuan yang dipelajari menjadi sesuatu yang gres menyerupai menggantikan suatu kata/istilah dengan kata/istilah lain yang sama maknanya; menulis kembali suatu kalimat/paragraf/tulisan dengan kalimat/paragraf/tulisan sendiri dengan tanpa mengubah artinya informasi aslinya; mengubah bentuk komunikasi dari bentuk kalimat ke bentuk grafik/tabel/visual atau sebaliknya; memberi tafsir suatu alimat/paragraf/tulisan/data sesuai dengan kemampuan penerima didik; memperkirakan kemungkinan yang terjadi dari suatu informasi yang terkandung dalam suatu kalimat/paragraf/tulisan/data.
Menerapkan: Menggunakan informasi, konsep, prosedur, prinsip, hukum, teori yang sudah dipelajariuntuk sesuatuyang baru/belum dipelajari "Kemampuan memakai pengetahuan menyerupai konsep massa, cahaya, suara, listrik, aturan penawaran dan permintaan, aturan Boyle, aturan Archimedes, membagi/mengali/menambah/mengurangi/menjumlah, menghitung modal dan harga, aturan persamaan kuadrat, memilih arah kiblat, memakai jangka, menghitung jarak daerah di peta, menerapkan prinsip kronologi dalam memilih waktu suatu benda/peristiwa, dan sebagainya dalam mempelajari sesuatu yang belum pernah dipelajari sebelumnya.
"
Menganalisis: Menggunakan keterampilan yang telah dipelajarinya terhadap suatu informasi yang belum diketahuinya dalam mengelompokkan informasi, memilih keterhubungan antara satu kelompok/informasi dengan kelompok/informasi lainnya, antara fakta dengan konsep, antara argumentasi dengan kesimpulan, benang merah pedoman antara satu karya dengan karya lainnya "Kemampuan mengelompokkan benda menurut persamaan dan perbedaan ciricirinya, memberi nama bagi kelompok tersebut, memilih apakah satu kelompok sejajar/lebih tinggi/lebih luas dari yang lain, memilih mana yang lebih dulu dan mana yang belakangan muncul, memilih mana yang memperlihatkan efek dan mana yang mendapatkan pengaruh, menemukan keterkaitan antara fakta dengan kesimpulan, memilih konsistensi antara apa yang dikemukakan di bab awal dengan bab berikutnya, menemukan pikiran pokok enulis/pembicara/narasumber, menemukan kesamaan dalam alur berpikir antara satu karya dengan karya lainnya, dan sebagainya
"
Mengevaluasi: Menentukan nilai suatu benda atau informasi menurut suatu kriteria Kemampuan menilai apakah informasi yang diberikan berguna, apakah suatu informasi/benda menarik/menyenangkan bagi dirinya, adakah penyimpangan dari kriteria suatu pekerjaan/keputusan/peraturan, memperlihatkan pertimbangan alternatif mana yang harus dipilih menurut kriteria, menilai benar/salah/bagus/jelek dan sebagainya suatu hasil kerja menurut kriteria.
Mencipta: Membuat sesuatu yang gres dari apa yang sudah ada sehingga hasil tersebut merupakan satu kesatuan utuh dan berbeda dari komponen yang dipakai untuk membentuknyaKemampuan menciptakan suatu cerita/tulisan dari b erbagai sumber yang dibacanya, menciptakan suatu benda dari materi yangtersedia, membuatkan fungsi gres dari suatu benda, membuatkan aneka macam bentuk kreativitas lainnya.
Related Posts