Desain Penyelenggaran Guru Lintas Bidang (Keahlian Ganda) 2018
Sebelum dibahas mengenai persyaratan guru calon penerima kegiatan MST serta jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut, ada baiknya perlu diketahui peta peluang penerapan keahlian Guru Lintas Bidang dan cara pelaksanaan kegiatan tersebut.
Peluang penerapan Keahlian Guru Lintas Bidang
1. Di SD (SD)
2. Di SMP (SMP)
3. Di Sekolah Menengah Atas (SMA)
peluang penerapan keahlian ganda guru SMA |
Desain Penyelenggaraan Program Keahlian Guru Lintas Bidang
Penyelenggaran Program Keahlian Guru Lintas Bidang dilaksanakan selama 6 bulan, menyerupai yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
Penyelenggaraan Program Keahlian Guru Lintas Bidang |
IN-1 dilaksanakan selama 3 ahad dengan materi berupa;
- Tinjauan umum Program Keahlian Guru Lintas Bidang
- Pendalaman materi kurikulum Mapel sekolah
- Pendalaman materi disiplin ilmu yg relevan
- Pembekalan untuk kegiatan ON-1
- Evaluasi (Penilaian Formatif Pengetahuan, perilaku dan Keterampilan)
ON-1 dilaksanakan selama 7 ahad dengan materi berupa;
Belajar Mandiri dan/atau terbimbing yang difasilitasi Guru Pendamping
Pemanfaatan materi hasil pendalaman dalam konteks pembelajaran (sikap, pengetahuan, keterampilan) secara individu atau kelompok
Evaluasi (Penilaian Sikap dan Keterampilan)
7 minggu
IN-2 dilaksanakan selama 2 ahad dengan materi berupa;
Mengangkat praktik baik, problem pada ON-1 untuk ditingkatkan atau diperbaiki
Lanjutan kegiatan untuk peningkatan, perluasan, penguatan atau pendalaman konsep, prosedur, metakognisi tertentu mata pelajaran baru
Pembekalan untuk kegiatan ON-2
Evaluasi (Penilaian Formatif Pengetahuan, perilaku dan Keterampilan)
ON-2 selama 10 ahad berupa;
Belajar Mandiri dan/atau terbimbing lanjutan yang difasilitasi Guru Pendamping
Pemanfaatan materi hasil pendalaman dalam konteks pembelajaran (sikap, pengetahuan, keterampilan) lanjutan secara individu atau kelompok
Mengorganisasikan materi dan proses dalam praktik pembelajaran terbimbing dan/atau mandiri
Evaluasi (Penilaian Sikap dan Keterampilan)
IN-3 selama 2 minggu
Refleksi hasil keseluruhan proses mencar ilmu dan pembelajaran sebagai guru profesional
Perbaikan atau penguatan pengalaman mencar ilmu dan pembelajaran dikaitkan dengan prospek atau tantangan gres secara riil dalam dunia persekolahan
Pemberian dorongan untuk mewujudkan proses dan hasil mencar ilmu dalam konteks pencapaian tujuan pendidikan dengan memanfaatkan kemampuan berpikir produktif
Evaluasi (Penilaian Sumatif Pengetahuan, perilaku dan Keterampilan)
Proses In (7 Minggu)
Pola mencar ilmu menuntaskan modul penguatan materi mapel baru
Dibimbing oleh instruktur
Melakukan refleksi pembelajaran berdikari terbimbing
Peserta mengikuti pembinaan pendalaman materi profesional (teori dan praktik
Proses ON (17 Minggu)
Tempat di sekolah asal
Peserta mencar ilmu berdikari terbimbing
Rasio mentor/guru pendamping: penerima = 1 : 3
Peserta tetap mengajar mapel awal di sekolah asal
Dibimbing dan dimonitor oleh guru pendamping
Pola mencar ilmu 204 JP (menyelesaikan modul materi mata pelajaran) dalam waktu sekitar 4 bulan
Proses dan hasil mencar ilmu berdikari guru terdokumentasi melalui jurnal penerima dan jurnal guru pendamping
Nah demikian tadi Cara penyelenggaraan kegiatan Guru Lintas bidang yang akan dilaksanakan oleh Ditjen GTK Kemdikbud. Berikutnya akan dibahas ihwal persyaratan penerima serta jadwal pelaksanaan Pogram keahlian Guru Lintas Bidang untuk SD, SMP, dan Sekolah Menengan Atas tahun 2018.
Related Posts