Rekrutmen Guru Untuk Mengajar Di Malaysia
Dalam rangka memenuhi kebutuhan guru (PGSD, Bimbingan & Konseling, Prakarya (Tata Boga, Tata Busana, Kriya, Keterampilan Kerajian) Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris PPKn, Matematika, IPA, Fisika, Kimia, Biologi, Penjaskes&OR Seni(Seni Rupa, Seni Tari, Seni Musik, Sendratasik, Desain Grafis) IPS, Geografi, Sejarah, Ekonomi, Antropologi, Sosiologi)
untuk memperlihatkan layanan pendidikan bagi belum dewasa Indonesia di Malaysia yang belum memperoleh jalan masuk pendidikan di daerah orang tuanya bekerja di Malaysia; maka dilakukan rekrutmen calon guru sebanyak 90 orang akan bertugas di Malaysia selama 2 (dua) tahun, dengan deretan sebagai berikut:
PERSYARATAN UMUM PESERTA
- Usia maksimal 35 tahun dikala mendaftar dibuktikan dengan KTP
- Kualifikasi akademik minimal S1/D4 dibuktikan dengan Ijazah
- Memiliki Sertifikat Pendidik dibuktikan dengan akta pendidik Guru bukan PNS
- Sarjana pendidikan dari aktivitas studi minimal terakreditasi B yang relevan dengan deretan yang dibutuhkan
- IPK minimal 2.75 dibuktikan dengan transkrip
- Surat izin dari kepala sekolah/yayasan
- Surat rujukan dari kepala sekolah/yayasan/pimpinan sebelumnya
- Mengisi formulir pendaftaran, surat izin orangtua/wali/suami/istri dan surat
- pernyataan tidak menuntut menjadi PNS/ASN. Formulir sanggup diunduh di laman pendaftaran
- Menguasai komputer, mempunyai kemampuan menciptakan media pembelajaran dan banyak sekali metode mengajar dan TIK
- Memiliki kecakapan hidup (menjahit, menyulam, memasak, elektronik, percetakan, menganyam, dll)
- Pengalaman mengajar minimal 2 tahun (termasuk pengalaman mengikuti aktivitas Indonesia Mengajar, Jatim Mengajar, SM-3T, Talent Scouting dan sejenisnya, serta PPG).
- Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah
- Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
- Surat bebas narkotika, psikotropika dan zat aditif (NAPZA)
- Pasphoto terbaru berlatar belakang putih ukuran 4x6 dan 3x4 masing-masing 2 lembar (bagi pria menggunakan pakaian jas dan dasi, bagi perempuan menggunakan pakaian bebas rapi, bagi yang tidak menggunakan kerudung, telinganya terlihat).
SISTEM SELEKSI
1. Seleksi dilakukan oleh Direktorat Jenderal GTK Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar berhubungan dengan Universitas Negeri Malang (UM)
2. Pendaftaran online dilaksanakan pada tanggal 12 – 22 Maret 2018. Pendaftaran online untuk seleksi di Universitas Negeri Malang sanggup diakses di laman http://lp3.um.ac.id atau klik disini
3. Seleksi Administrasi dilaksanakan tanggal 23 - 26 Maret 2018
4. Pengumuman akseptor yang lulus seleksi manajemen tahap 1, untuk seleksi di Universitas Negeri Malang sanggup diakses di laman http://lp3.um.ac.id pada tanggal 2 April 2018
5. Peserta yang dinyatakan lulus tahap 1 berhak mengikuti seleksi tahap 2, yang dilaksanakan pada tanggal 12 April 2018. Seleksi tahap 2 meliputi: psikotest, wawancara, peer teaching, dan Leaderless Group Discussion (LGD). Seleksi tahap 2 diselenggarakan di Lembaga Pengembangan Pendidikan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang, Gedung H7-H8, Jl. Semarang No. 5 Malang.
Peserta yang akan mengikuti seleksi tahap 2 wajib mengirim formulir yang sanggup diunduh disini.
Seluruh berkas persyaratan umum, baik orisinil dan fotokopi wajib dibawa dikala tes (dimasukan map dengan warna biru).
6. Pengumuman akseptor yang lolos tes Tahap 2 dan dinyatakan sebagai calon pendidik CLC, sanggup diakses melalui laman Kemendikbud dan http://lp3.um.ac.id.
7. Panitia tidak menanggung biaya transportasi dan fasilitas akseptor seleksi.
INFORMASI PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI/REKRUTMEN
Lembaga Pengembangan Pendidikan Pembelajaran (LP3)
Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur
Cp: Mahmuddin Yunus,S.Kom, M.Cs
Hp: 08125230653
Email: mahmuddin.yunus.fmipa@um.ac.id
Related Posts