Nih Prinsip Evaluasi Hasil Belajar

Prinsip Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik meliputi prinsip umum dan prinsip khusus. Prinsip umum dalam Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik ialah sebagai berikut. 
  1. Sahih, berarti evaluasi didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. 
  2. Objektif, berarti evaluasi didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. 
  3. Adil, berarti evaluasi tidak menguntungkan atau merugikan akseptor didik alasannya berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, budbahasa istiadat, status sosial ekonomi, dan gender. 
  4. Terpadu, berarti evaluasi oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari acara pembelajaran. 
  5. Terbuka, berarti mekanisme penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan sanggup diketahui oleh pihak yang berkepentingan. 
  6. Holistik dan berkesinambungan, berarti evaluasi oleh pendidik meliputi semua aspek kompetensi dan dengan memakai banyak sekali teknik evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai akseptor didik. 
  7. Sistematis, berarti evaluasi dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah baku. 
  8. Akuntabel, berarti evaluasi sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. 
  9. Edukatif, berarti evaluasi dilakukan untuk kepentingan dan kemajuan akseptor didik dalam belajar.

Prinsip khusus dalam Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berisikan prinsip-prinsip Penilaian Autentik sebagai berikut:

1. Materi evaluasi dikembangkan dari kurikulum.
2. Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran.
3. Berkaitan dengan kemampuan akseptor didik.
4. Berbasis kinerja akseptor didik.
5. Memotivasi berguru akseptor didik.
6. Menekankan pada acara dan pengalaman berguru akseptor didik. 
7. Memberi kebebasan akseptor didik untuk mengkonstruksi responnya. 
8. Menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
9. Mengembangkan kemampuan berpikir divergen.
10. Menjadi bab yang tidak terpisahkan dari pembelajaran.
11. Menghendaki balikan yang segera dan terus menerus.
12. Menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata.
13. Terkait dengan dunia kerja.
14. Menggunakan data yang diperoleh eksklusif dari dunia nyata.
15. Menggunakan banyak sekali cara dan instrumen.

0 Response to "Nih Prinsip Evaluasi Hasil Belajar"

Posting Komentar