Nih Cara Efektif Sinkronisasi Online Dapodik

Pada post terdahulu perihal sinkronisasi offline barangkali sinkronisasi offline teman-teman operator banyak yang gagal. Cara lain yaitu menggunakan sajian sinkronisasi online. Namun banyak juga yang masih mengalami kegagalan. Silakan buka syncronisasi yang sukses.

Sebagai operator kita harus berpintar-pintar dan sekreatif mungkin mengambil taktik dan cara sinkronisasi online semoga efektif dan berhasil.
Pada post terdahulu perihal sinkronisasi offline barangkali sinkronisasi offline sahabat Nih Cara Efektif Sinkronisasi Online Dapodik
sinkronisasi online dapodik 2013


Ada beberapa syarat (bukan mutlak) semoga sinkronisasi online berhasil:

  • Mengambil waktu yang tepat untuk syncronisasi,

Mengapa? server untuk mendapatkan kiriman data dari aplikasi dapodik seluruh Indonesia terbilang kecil sehingga tidak sanggup menerimanya. Nah jadi kita harus pandai-pandai menentukan waktu yang tepat untuk proses tersebut. Kapan waktu yang tepat untuk syncronisasi? Kalau saya langsung menentukan waktu pagi hari antara pukul 06.00-08.00 (WITA), tengah hari (12.00-13.00) pukul 17.00-18.00 (WITA. Kaprikornus sebaiknya sinkronisasi dilakukan bukan pada jam sibuk. 

  • Pastikan jaringan internet berjalan normal/stabil
Jaringan Internet yang stabil loh yaa, bukan berarti speed yang bagus.  Sebagaimana kita tahu, sebagian operator penyedia layanan internet ada yang kualitasnya cantik ada pula yang jelek, dan tergantung juga dengan kondisi tempat masing-masing. Silakan pilih yang cantik dan stabil. Lihat Bar kondisi signal, kalo cuma 2-3 garis itu tandanya koneksi jelek.

  • Perbaiki dan benahi dulu data yang dirasa kurang
Memang ada beberapa OP yang bilang bahwa kalau data yang kurang tepat sanggup menghambat proses dan tingkat keberhasilan, namun saya sendiri kurang setuju. Intinya pendaftaran siswa jangan ada yg berwarna merah dan invalid 0. Namun tidak ada salahnya juga kita perbaiki kalau ada kekurangan, terutama di kolom kecamatan baik utk PTK maupun Peserta didik.

  • Keberuntungan
Terdengar lucu ya. hehe dibalik segala macam keribetan sinkronisasi online dapodik, faktor keberhasilan sinkronisasi juga dipengaruhi oleh yang namanya keberuntungan. Ada yang coba 2-3 kali sinkron sudah sukses. Ada yang mencoba puluhan kali belum juga masuk data, Bahkan ada yang hingga 117 kali gres siswa baru/pindahan sanggup masuk ke tabel utama. Ada yang menggunakan jaringan besar ibarat Speedy bandwith besar masih gagal juga, ada juga yang hanya menggunakan internet kecepatan rendah (256Kbps) tapi sukses berkali-kali.




Pada post terdahulu perihal sinkronisasi offline barangkali sinkronisasi offline sahabat Nih Cara Efektif Sinkronisasi Online Dapodik

Jika muncul pemberitahuan  ibarat gambar di atas, : "Constraint Failed atau Success Insert
Null Table (for consistency data) data uptodate" itu sebetulnya berhasil dan bukan salah Aplikasi, tapi yang salah itu Server PDSP pada ketika pengambilan data.
Related Posts