Nih Macam-Macam Tepung Terigu Dan Kegunaannya

Jenis Terigu dan Kegunaannya

Buat Ibu yang hobi doyan memasak atau menciptakan camilan anggun barangkali ada yang masih bingung, manakah jenis tepung terigu untuk kuliner atau camilan anggun tertentu, alasannya yaitu tidak semua makanan/kue tersebut cocok untuk semua jenis makanan.  

Buat Ibu yang hobi doyan memasak atau menciptakan camilan anggun barangkali ada yang masih galau Nih Macam-Macam Tepung Terigu dan Kegunaannya


Berikut kita akan berguru perihal jenis tepung terigu dan kegunaannya :

1. Terigu protein rendah

Tepung ini dibentuk dari gandum lunak yang kandungan glutennya hanya 8% – 9%. Tepung ini mempunyai daya serap terhadap air yang rendah sehingga sulit dikala diuleni, tidak elastis, lengket dan susah untuk mengembang.

Tepung ini cocok untuk camilan anggun kering, biskuit, pastel dan camilan anggun yang tidak perlu fermentasi. Merk yang beredar dipasar yaitu Kunci Biru dan Roda Biru.

 

2. Terigu protein sedang

Tepung ini mempunyai kandungan gluten 10% – 11%. Tepung terigu ini terbuat dari adonan terigu protein tinggi dan terigu protein rendah atau biasa disebut tepung serba guna. Tepung ini cocok untuk menciptakan kue, bolu, camilan anggun kering dan gorengan. Merk yang beredar dipasaran yaitu Segitiga Biru dan Gunung Bromo

3. Terigu protein tinggi

Tepung ini dibentuk dari gandum keras dan mempunyai kandungan protein 11% – 13%. Tingginya kadar protein pada terigu ini membuatnya gampang dicampur, difermentasi, mempunyai daya serap terhadap air yang tinggi, lentur dan gampang digiling. Tepung ini cocok untuk menciptakan mie, roti dan pasta. Merk yang beredar dipasar untuk tepung jenis ini yaitu Cakra Kembar atau Kereta Kencana.

4. Whole meal flour

Tepung ini terbuat dari biji gandum utuh termasuk bungkus dan lembaganya sehingga warnanya lebih gelap. Terigu ini mengandung serat dan protein yang sangat tinggi sehingga cocok untuk kuliner kesehatan dan diet.

5.Tepung self raising

Tepung terigu ini telah dicampuri dengan baking powder dan baking soda sehingga siap pakai. Penabahan materi pengembang ini menciptakan terig lebih stabil dan siap pakai. Tepung ini berisi adonan 125 gram terigu + 1 sdt baking powder + 1 sd teh baking soda.
Tepung ini cocok untuk cake, muffin atau camilan anggun kering.

6. Tepung enriched

Tepung terigu ini sudah ditambahi dengan bermacam-macam vitamin atau mineral tertentu dengan tujuan untuk memerbaiki nilai gizinya. Hal ini menciptakan harganya lebih mahal dibanding terigu jenis lain.
Cocok untuk bolu dan camilan anggun kering.
Related Posts