Nih Mendikbud: Nilai Ukg Sangat Memprihatinkan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, terlihat kesal terkait buruknya hasil Uji Kompetensi Guru (UKG). Bagaimana tidak Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) guru dan Kepsek sangat memprihatinkan. Hasil UKG kita hanya 45, dari rentang nilai 1 sampai 100, yang dibutuhkan yakni 75," ujar Anies di Jakarta. Hasil UKG tersebut sangat jauh dari apa yang diharapkan. Anies menambahkan pihaknya akan mencoba melaksanakan penyusunan ulang mengenai guru. 9 aktivitas tata kelola guru.
UKG bertujuan untuk pemetaan kompetensi, sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru, serta sebagai bab dari proses evaluasi kinerja untuk mendapat citra yang utuh terhadap pelaksanaan semua standar kompetensi.


Salah satu tujuan Kemdikbud melaksanakan hal itu untuk menata guru semoga lebih baik. Selain itu untuk memastikan delapan standar pendidikan sanggup berjalan dengan baik. "Selama ini, kami hanya fokus pada salah satunya yakni Ujian Nasional (UN). Masalah UN sangat menghabiskan energi. Kami akan melaksanakan transformasi dalam bidang tersebut," terang dia.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengundang para kepala kawasan yang janji untuk meningkatkan mutu guru dan pendidikan. "Kami butuh kawan untuk melaksanakan menuntaskan problem ini. Kaprikornus harus bermitra dengan daerah,"cetus dia.

Dia menyebut ada sekitar 107 kabupaten/kota yang pemimpinnya memiliki janji tinggi dalam problem itu. "Kita harus melihat pendidikan sebagai sebuah gerakan. Pola pikirnya harus diubah, oleh alasannya itu kolaborasi dengan pihak ketiga sangat dibutuhkan," tukas dia. okezone.com


Related Posts