Nih 1,4 Juta Guru Belum Besertfikat Pendidik

Dari 3.015.315 guru ber-NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang terdata di Kemendikbud, gres sekitar 1,6 juta saja yang sudah bersertifikasi. Itu artinya, masih ada sekitar 1,4 juta guru yang belum mengikuti sertifikasi guru.

Menurut Ketua Umum PGRI Sulistiyo, sampai hari ini pemerintah belum dapat memenuhi kewajiban kepada guru sesuai dengan Undang-Undang no 14 tahun 2005 perihal guru dan dosen, serta Peraturan Pemerintah no 74 tahun 2008 perihal guru. Padahal, sesuai UU bahwa sertifikasi guru harus tuntas 10 tahun semenjak diundangkan. Yang artinya, deadline final tahun ini
Nomor Unik Pendidik dan Tenaga  Kependidikan Nih 1,4 juta Guru belum Besertfikat Pendidik
Sumarna Surapranata
Sisa 6 bulan ini dirasa tidak akan cukup waktu untuk menuntaskan sisa tersebut. Terkait hal tersebut Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata berjanji akan segera menuntaskan perkara sertifikasi guru.

Sumarna Surapranata  juga menyebut perkara kompetensi juga menjadi persoalan. Masih ada guru yang punya sertifikasi tetapi kompetensinya masih perlu ditingkatkan. Makara kita akan memprioritaskan memperkuat sistem uji kompeteni guru. Standarnya juga harus kita perhatikan. Kalau uji kompetensi kesannya kurang manis tentu harus ada treatment untuk meningkatkan kompetensi guru.

Sertifikasi guru juga akan dikaji ulang, terutama bagi mereka yang bekerjsama berhak tetapi belum mendapat hak itu.
Related Posts