Nih Ketimpangan Rasio Guru Dan Murid Di Indonesia


ACDP: Rasio Guru dan Murid di Indonesia Timpang

Berdasarkan data Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) , rasio perbandingan antara guru dan murid di Indonesia yaitu yang terendah di dunia. Hal itu dipengaruhi perekrutan guru yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan melampaui jumlah registrasi murid di segala tingkat pendidikan.

Menurut Anggota ACDP, Sari Soegondo, perbandingan tersebut menghasilkan rasio murid-guru 20:1, namun, 10 tahun terakhir ini mengalami peningkatan menjadi 51 persen, sehingga rasionya 15:1 dan menjadi rasio perbandingan guru terendah di dunia. Sedangkan data UNESCO 2014 menetapkan perbandingan 26:1 untuk negara-negara Asia, dan 24:1 untuk negara-negara yang berpenghasilan menengah.
guru siswa
Jika dibandingkan dengan data UNESCO berdasarkan Sari, Indonesia sangat jauh alasannya ketika ini mempunyai perbandingan 15:1 tanggapan kurangya pembangunan mutu pendidikan sehingga secara kuantitas timbul sebuah ketimpangan rasio guru-murid yang terlihat sangat menonjol pada daerah.

"Sekolah di tempat -daerah pedesaan mempunyai rasio perbandingan rendah. Hal ini menunjukan tidak efektifnya penempatan tenaga kerja guru," ujar Sari pada Sesi Diskusi Media perihal Manajemen Guru, yang dihadiri oleh Kepala Pusat penelitan Kebijakan Paramadina yang juga anggota ACDP, Totok Amin Soefijanto, Kepala Sub Bidang Pendidikan Tinggi Badan Pembangunan nasional (Kasubdit Bapenas) Amich Alhuman, dan Ketua Yayasan Cahaya, Henny Supolo di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Rabu, (13/5)

Menurut Sari, ACDP menunjukkan opsi kebijakan untuk menghapuskan peraturan mewajibkan tersedianya minimum sembilan guru di setiap sekolah dasar dan membangun kemampuan guru untuk mengajar multi-jenjang dalam ruang kelas yang sama serta melatih kepala sekolah untuk sanggup menangani para staf, khususnya guru secara efektif dan efisien dalam sekolah-sekolah dengan siswa dalam jumlah kecil.

Sementara, berdasarkan Kepala Sub Bidang Pendidikan Tinggi Badan Pembangunan nasional (Kasubdit Bapenas) Amich Alhumani, Indonesia mempunyai rasio perbandingan guru-murid terendah dunia alasannya adanya sekolah- sekolah kecil di tempat pendesaan dengan jumlah murid kurang dari 100 orang sehingga hal tersebut tidak efektif kalau menempatkan guru sesuai hukum sembilan orang per sekolah, alasannya masih-masing guru hanya membimbing 1:10 murid.

Amich mengemukakan opsi untuk penggabungan sekolah-sekolah kecil di desa maupun kota, untuk meningkatkan skala ekonomi dari penempatan staf pengajar sehingga adanya pengurangan biaya operasional.

Hal lain yang ungkapkan Amich yaitu pengembangan kapasitas dan analisis pendidikan Indonesia harus sesuai kebutuhan masing- masing fungsi dengan memastikan proses pembelajaran berkualitas untuk menjamin kualitas.

Ia mengharapkan ke depan, proses seleksi perekrutan guru ditingkatkan, layaknya jurusan Kedokteran atau teknik yang pada tahap menargetkan nilai maksimal 97 untuk jurusan unggulan. Hal tersebut, sanggup dicontohkan oleh sekolah guru biar menghasilkan guru dari lulusan terbaik yang berperstasi.

Amich menilai, secara otomatis akan menggangkat mutu guru dan besar lengan berkuasa pada mutu pendidikan. Namun, yang terjadi selama ini, banyak lulusan yang tidak berkompeten yang direkrut oleh tempat untuk mengisi kesenjangan guru tanggapan distribusi guru yang tidak merata.

"Melibatkan lulusan terbaik yang disaring untuk menjadi guru, harus mencontohkan universitas unggulan ibarat Universitas Indonesia yang selalu melaksanakan seleksi dengan sasaran nilai minimun 97 untuk jurusan kedokteran, sasaran ibarat itu, sanggup dimulai untuk sekolah keguruan ibarat Univeritas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan memasang standar 95,"ujar Amich.

Selain untuk univeritas, Amich mengatakan, Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) biar lebih memperketat lagi proses seleksi awal merekrut siswa sehingga bukan hanya sekedar merekrut. Namun, sanggup melahirkan guru yang berprestasi untuk ditempatkan di tempat 3T ibarat terluar, terdepan, dan tertinggal yang telah dididik kesiapannya. Setelah lulus mereka akan dikirim ke tempat T3 untuk mengabdi selama satu tahun.

"Para guru tersebut, akan mendapat beasiswa pendidikan profesi guru. Segala proses pembiayaan ditanggung pemerintah, dan mereka berhak mendapat sertifikasi untuk meningkatkan minat mengajar tempat terpencil,"ujar Amich.

Ia juga menyarankan, kedepannya biar pendistribusian guru merata, harus ada kebijakan kebijakan pengalokasian guru sesuai dengan perbandingan guru-murid. Terjadinya, kelebihan guru diakibatkan oleh kelebihan suplai atau pendistribusian guru yang tidak merata
Related Posts