Nih Ada Guru Suka Bolos? Ini Penyebabnya

Apa saja yang memengaruhi tingkat kehadiran guru di sekolah? Badan Program Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidikan (ACDP) punya jawabannya. Salah satunya yakni karena sinyal telepon selular. Apakah cuma itu? Menurut konsultan ACDP yang juga peneliti Pusat Penelitian Kebijakan Paramadina Public Policy Institute, Totok A Soefijanto, guru-guru banyak yang malas bolos, kalau di sekolah itu ada sinyal ponsel, mempunyai kamar kecil dan listrik. Hal itu disampaikan Totok dalam program diskusi Manajemen Guru di Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Aspek lain yang kuat pada kehadiran guru, yakni kehadiran kepala sekolah. ACDP beropini sekolah yang tidak mempunyai kepala sekolah mempunyai absensi guru yang sangat tinggi. Menurut Totok, kehadiran kepala sekolah sangat penting terutama di sekolah terpencil.

guru mbolos
Penyumbang lain, sekolah yang melibatkan komite sekolah dalam memantau anggaran sekolah dan dalam menghubungkan orangtua siswa dan sekolah, mempunyai tingkat kehadiran guru yang tinggi. Totok menambahkan, sekolah yang mempunyai kemudahan banyak dan lebih baik mempunyai tingkat absensi guru yang lebih rendah.

Tingkat absensi guru yang tertinggi terdapat di Kalimantan dengan persentase 14,1 persen, disusul Bali dan Nusa Tenggara dengan persentase 14 persen, serta Papua dan Maluku 11,6 persen. Studi absensi guru di Indonesia tersebut tercantum dalam laporan ACDP pada 2014.

bisnis.com
Related Posts