Nih Puspendik: Persiapan Un Sudah 99%


Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam, menyampaikan persiapan ujian nasional (UN) dari sentra hingga kawasan sudah 99 persen.

Ia menginformasikan untuk pengiriman soal UN ke percetakan akan dilakukan pada Jumat (27/2). Ia juga menjelaskan untuk mematangkan persiapan UN akan diadakan try out (TO) dan computer based test (CBT).

"Untuk TO akan tetap dilaksanakan tiga kali, pada final Februari akan dilaksanakan TO pertama. Namun, untuk aktivitas tidak serempak dan Maret merupakan final TO. Sebab, pada 7 Maret telah ditetapkan pelaksanaan UN bagi CBT," terperinci Nizam, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (4/2).
un

Ia menegaskan untuk model soal UN, masih sama menyerupai tahun sebelumnya berupa pilihan ganda. UN berbasis komputer sebagai pilot project atau proyek jangka panjang guna melihat kesepadanan antara ujian kertas dan komputer.

Untuk training CBT dan proctor (pengawas ujian CBT), akan ada pengawas selama instalasi aplikasi server.

Sekitar 862 sekolah akan mengikuti UN CBT yang telah diserahkan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) untuk diverifikasi apakah layak untuk menjalankannya. Hal ini diubahsuaikan dengan perkembangan sekolah untuk mengikuti UN. Lebih besar dipakai oleh siswa Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan alasannya yaitu lebih memahami komputer.

Berhubungan dengan hal tersebut, mendikbud akan memanggil 17 percetakan yang menang tender untuk melaksanakan persentasi ihwal kesiapan pada Kamis (5/2). Dari persentasi tersebut mendikbud sanggup memilih dan menilai bagaimana metode dan kesiapan percetakan.

"Jika prosedurnya sesuai, nanti dikontrak. Bagi percetakan bandel ada keputusan blakck list dan tidak berhak ikut tender UN sekarang," tegas Nizam.

0 Response to "Nih Puspendik: Persiapan Un Sudah 99%"

Posting Komentar