Nih Klarifikasi Istilah Dalam Evaluasi Hasil Belajar

Pengertian dari beberapa istilah yang terdapat dalam pedoman inisebagai berikut.
  1. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik yaitu proses pengumpulaninformasi/bukti ihwal capaian pembelajaran akseptor didik dalamkompetensi perilaku spiritual dan perilaku sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secaraterencana dan sistematis, selama dan sesudah proses pembelajaran. 
  2. Pendekatan Penilaian yaitu proses atau jalan yang ditempuh dalam melaksanakan evaluasi hasil berguru akseptor didik.
  3. Bentuk Penilaian yaitu cara yang dilakukan dalam menilai capaianpembelajaran akseptor didik, misalnya: evaluasi unjuk kerja,penilaian projek, dan evaluasi tertulis.
  4. Instrumen Penilaian yaitu alat yang dipakai untuk menilai capaian pembelajaran akseptor didik, misalnya: tes dan skala sikap 
  5. Ketuntasan Belajar yaitu tingkat minimal pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan mencakup ketuntasan penguasaan substansi dan ketuntasan berguru dalam konteks kurun waktu belajar.
  6. Penilaian Autentik yaitu bentuk evaluasi yang menghendaki akseptor didik menampilkan sikap, memakai pengetahuan dan keterampilan  yang diperoleh dari pembelajaran dalam melaksanakan kiprah pada situasi yang sesungguhnya.
  7. Penilaian Diri yaitu teknik evaluasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan sendiri oleh akseptor didik secara reflektif.
  8. Penilaian Tugas yaitu evaluasi atas proses dan hasil pengerjaan kiprah yang dilakukan secara berdikari dan/atau kelompok.
  9. Penilaian Projek yaitu evaluasi terhadap suatu kiprah berupa suatu pemeriksaan semenjak dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan data, hingga pelaporan.
  10. Penilaian menurut Pengamatan yaitu evaluasi terhadap acara akseptor didik selama mengikuti proses pembelajaran.
  11. Ulangan Harian yaitu evaluasi yang dilakukan setiap menuntaskan satu muatan pembelajaran.
  12. Ulangan Tengah Semester yaitu evaluasi yang dilakukan untuk semua muatan pembelajaran yang diselesaikan dalam paruh pertama semester.
  13. Ulangan Akhir Semester yaitu evaluasi yang dilakukan untuk semua muatan pembelajaran yang diselesaikan dalam satu semester.
  14. Nilai modus yaitu nilai terbanyak capaian pembelajaran pada ranah sikap.
  15. Nilai rerata yaitu nilai rerata capaian pembelajaran pada ranah pengetahuan.

0 Response to "Nih Klarifikasi Istilah Dalam Evaluasi Hasil Belajar"

Posting Komentar