Nih Laporan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Diusulkan Sebagai Angka Kredit Jabatan Guru

Persyaratan laporan PTK untuk diusulkan sebagai angka kredit jabatan guru
1. Harus APIK (Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten)
  • Asli artinya bukan plagiat, jiplakan, atau disusun dengan niat dan mekanisme yang tidak jujur, indikasi laporan tidak orisinil misalnya: terdapat banyak kesamaan mencolok  di antara  PTK yang dibentuk pada waktu  dan tempat yang berbeda, sangat seolah-olah skripsi atau tesis, dan dibentuk oleh guru yang lain dari kawasan yang sama. 
  • Perlu artinya hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan harus sesuatu yang diharapkan dan memiliki manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan adalah pembelajaran di kelas. 
  • Ilmiah artinya disajikan dengan menggunakan kerangka isi  dan memiliki kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengkuti kerangka isi yang telah ditetapkan.
  • Konsisten artinya laporan harus sesuai dengan kiprah pokok penyusunnya, bila penulisnya seorang guru, maka isi laporan harus berada pada bidang kiprah guru yang bersangkutan, dan memasalahkan perihal kiprah pembelajaran yang sesuai dengan kiprah di sekolahnya.
Persyaratan laporan PTK untuk diusulkan sebagai angka kredit jabatan guru Nih Laporan Penelitian Tindakan Kelas untuk diusulkan sebagai angka kredit jabatan guru

2. Minimal 2 siklus dengam masing-masing siklus minimal 2 kali pertemuan dibuktikan melalui lampiran berupa RPP tiap pertemuan, hasil observasi tiap pertemuan, dan hasil kerja siswa tiap pertemuan. Idealnya, sebuah PTK minimal 3 siklus dengan masing-masing siklus 3 kali pertemuan.

3. Diseminarkan di sekolah dengan jumlah akseptor seminar minimal 15 orang dari 3 sekolah yang berbeda pada jenjang pendidikan yang sama, dibuktikan melalui: info program seminar yang ditandatangani panitia seminar dan kepala sekolah berisi keterangan perihal waktu, tempat, peserta, dan notulen hasil seminar; akta seminar/keterangan seminar dari panitia; dan  daftar hadir akseptor seminar.

4. Dipublikasikan/disimpan di salah satu perpustakaan dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala perpustakaan dan cap perpustakaan.

5. Pernyataan keaslian dari kepala sekolah dan di cap sekolah/madrasah 

0 Response to "Nih Laporan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Diusulkan Sebagai Angka Kredit Jabatan Guru"

Posting Komentar