Nih Tanya Jawab Seputar Cpns 2014
1. Bagaimana cara melaksanakan pendaftaran online?
Pendaftaran online sanggup dilakukan melalui portal nasional di https://regpanselnas.menpan.go.id
2. Apakah saya sanggup mendaftar dua kali?
Tidak bisa. Setiap calon peserta hanya sanggup mendaftar di 1 instansi, baik itu instansi sentra atau daerah.
3. Benarkah disediakan deretan untuk lintas disiplin ilmu?
Dalam rekrutmen CPNS 2014 disediakan deretan sebesar 5% untuk lintas disiplin ilmu.
4. Persyaratan apa saja yang diharapkan dalam tahapan registrasi?
Saat pendaftaran awal yang diharapkan hanya Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan, dan alamat e-mail. Untuk persyaratan manajemen SKCK, Surat Keterangan Sehat, dan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) tidak diharapkan pada tahap registrasi.
5. Apakah masyarakat perlu mengeluarkan biaya dalam proses penerimaan CPNS 2014?
Tidak. Penerimaan CPNS Tahun 2014 gratis. Sama sekali tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran s/d pengumuman hasil kelulusan.
6. Mengapa deretan pada beberapa instansi baik sentra maupun tempat belum sanggup diklik/dilihat pada
portal panselnas?
Formasi belum sanggup diklik/dilihat alasannya yakni masih dalam proses validasi dan verifikasi dari tim panselnas sehingga belum sanggup dipublikasikan. Jika proses validasi dan verifikasi telah selesai, deretan akan pribadi diinput ke dalam sistem dan pelamar sanggup pribadi melihatnya.
7. Apakah ada deretan untuk Sekolah Menengan Atas atau SMK?
Formasi untuk Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan memang tersedia namun hanya instansi tertentu saja, silahkan memakai mode “cari” yang terdapat dalam halaman Formasi CPNS 2014.
8. Apakah yang dimaksud dengan ‘kualifikasi pendidikan S-1 semua jurusan’?
Jabatan dengan kualifikasi pendidikan S1 semua jurusan berarti untuk jabatan tersebut sanggup dilamar oleh semua jurusan dari jenjang pendidikan S1.
9. Bagaimana kalau pelamar tidak mendapatkan email konfirmasi sehabis melaksanakan pengisian formulir
registrasi?
- Pelamar yang belum mendapatkan email konfirmasi sanggup pribadi login ke instansi yang dituju minimal 1X24 jam sehabis pengisian formulir registrasi.
- Login ke instansi yang dituju memakai username yakni “NIK” dan password yang sama menyerupai ketika pelamar melaksanakan input ketika pengisian formulir registrasi. (2)*
- Email akan tetap dikirimkan, pelamar dimohon untuk bersabar. Jika email notifikasi dari Panselnas tidak terkirim pelamar sanggup memakai cara menyerupai pada langkah poin kedua di atas.*
Pelamar sanggup memakai KTP atau e-KTP yang berlaku, yang terpenting mereka mempunyai NIK.
13. Bagaimana kalau ketika pelamar mengisi data diri di pendaftaran panselnas tertulis NIK telah terpakai?
Pelamar sanggup mengirimkan email kepada tim panselnas dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK. Di dalam email tersebut mohon dicantumkan identitas pelamar yang terdapat dalam KTP, kemudian dilampirkan pula scan KTP dan scan ijazah/akta kelahiran. Tim panselnas akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut.
14. Bagaimana kalau ketika pelamar melaksanakan pendaftaran di portal sscn.bkn.go.id atau portal sanggup bangun diatas kaki sendiri instansi tertulis username tidak ditemukan?
Untuk sanggup login ke portal sscn.bkn.go.id atau portal sanggup bangun diatas kaki sendiri instansi, pelamar harus menunggu setidaknya 1x24 jam sehabis pendaftaran di portal panselnas. Jika sehabis 1x24 jam masih tidak sanggup login, maka silahkan mengirimkan email dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK, serta mengisikan kembali data sesuai dengan instruksi pada running text portal Panselnas.
15. Mengapa ketika melaksanakan pendaftaran di portal pansenas tidak ada pilihan instansi yang dituju dalam
daftar?
Jika ketika pengisian formulir registrasi, pelamar tidak menemukan instansi yang dituju berarti instansi tersebut belum membuka pendaftaran (masih dalam proses). Silahkan selalu melaksanakan pengecekan pada status dan kegiatan di portal panselnas.
16. Kapan dan berapa usang instansi membuka pendaftaran?
Untuk mengetahui kegiatan pendaftaran, pelamar sanggup melihat sajian status dan jadwal. Pendaftaran pada sebuah instansi akan dibuka selama 14 hari terhitung mulai tanggal dibuka di portal panselnas.
17. Bagaimana kalau pelamar salah melaksanakan input data ketika melaksanakan pendaftaran di portal panselnas?
Data yang telah diinput tidak sanggup diubah kembali, untuk itu peserta harus super hati-hati dalam pengisian data.
18. Apakah pelamar sanggup membatalkan pendaftaran pada portal panselnas?
Pelamar tidak sanggup membatalkan pendaftaran pada portal panselnas.
19. Jika lokasi pelamar berada di daerah, apakah tes harus dilakukan di Jakarta?
Untuk pelamar dari tempat yang ingin mendaftar di instansi sentra yang tidak memiki kantor wilayah, tes tidak harus dilakukan di Jakarta. Pelamar sanggup melaksanakan tes di Provinsi di bawah koordinasi Regional BKD.
20. Apakah sanggup memakai SKL kalau pelamar belum mempunyai ijazah?
Pelamar tidak diperkenankan memakai SKL ketika melaksanakan pendaftaran.
21. Berapa skor TOEFL yang disyaratkan untuk melaksanakan pendaftaran?
Standar skor TOEFL ditetapkan oleh masing-masing instansi.
22. Apa saja bahan yang diteskan dalam tes TKD memakai CAT?
- Materi dalam CAT terbagi menjadi tiga yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Soal dalam tes CAT sebanyak 100 soal yang harus dikerjakan dalam 90 menit. Hasil dari tes CAT sanggup pribadi diketahui peserta sehabis tes selesai.
- Disamping tes TKD, instansi sanggup melaksanakan tes TKB menurut kebutuhan jabatan dan organisasi.
sumber menpan.go.id
Related Posts