Nih Evaluasi Proyek

Penilaian Proyek

Penilaian proyek (project assessment) merupakan aktivitas evaluasi terhadap kiprah yang harus diselesaikan oleh penerima didik berdasarkan periode/waktu tertentu. Penyelesaian kiprah dimaksud berupa pemeriksaan yang dilakukan oleh penerima didik, mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, analisis, dan penyajian data. Dengan demikian, evaluasi proyek bersentuhan dengan aspek pemahaman, mengaplikasikan, penyelidikan, dan lain-lain.
Selama mengerjakan sebuah proyek pembelajaran, penerima didik memperoleh kesempatan untuk mengaplikasikan sikap, keterampilan, dan pengetahuannya.

 merupakan aktivitas evaluasi terhadap kiprah yang harus diselesaikan oleh penerima didik me Nih Penilaian Proyek
Karena itu, pada setiap evaluasi proyek, setidaknya ada tiga hal yang memerlukan perhatian khusus dari guru.
  1. Keterampilan penerima didik dalam menentukan topik, mencari dan mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis, memberi makna atas warta yang diperoleh, dan menulis laporan.
  2. Kesesuaian atau relevansi bahan pembelajaran dengan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang diharapkan oleh penerima didik.
  3. Orisinalitas atas keaslian sebuah proyek pembelajaran yang dikerjakan atau dihasilkan oleh penerima didik.
Penilaian proyek berfokus pada perencanaan, pengerjaan, danproduk proyek. Dalam kaitan ini serial aktivitas yang harus dilakukan oleh guru mencakup penyusunan rancangan dan instrumen penilaian, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan. Penilaian proyek sanggup memakai instrumen daftar cek, skala penilaian, atau narasi. Laporan evaluasi sanggup dituangkan dalam bentuk poster atau tertulis.

Produk selesai dari sebuah proyek sangat mungkin memerlukan evaluasi khusus. Penilaian produk dari sebuah proyek dimaksudkan untuk menilai kualitas dan bentuk hasil selesai secara holistik dan analitik.  Penilaian produk dimaksud mencakup evaluasi atas kemampuan penerima didik menghasilkan produk. Penilaian secara analitik merujuk pada semua kriteria  yang harus dipenuhi untuk menghasilkan produk tertentu. Penilaian secara holistik merujuk pada apresiasi atau kesan secara keseluruhan atas produk yang dihasilkan.

0 Response to "Nih Evaluasi Proyek"

Posting Komentar