Nih Kompetensi Dasar, Inti Dan Struktur Kurikulum 2013 Smp

Dalam dokumen kurikulum 2013 termuat Kompetensi Dasar Inti serta struktur kurikulum yang menjadi satu kesatuan utuh. Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum. Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat banyak sekali Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari akseptor didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus dimiliki akseptor didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif. Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas.


Struktur kurikulum Sekolah Menengah Pertama 2013


Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban berguru untuk mata pelajaran dan beban berguru per ahad untuk setiap siswa.
Beban berguru di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam berguru SMP/MTs ialah 40 menit.

 termuat Kompetensi Dasar Inti serta struktur kurikulum yang menjadi satu kesatuan utuh Nih Kompetensi Dasar, Inti dan Struktur Kurikulum 2013 SMP

 Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam berguru per ahad dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX.  Sedangkan usang berguru untuk setiap jam berguru di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit. Dengan adanya pelengkap jam berguru ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru mempunyai keleluasaan waktu untuk membuatkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian gosip alasannya akseptor didik perlu latihan untuk melaksanakan pengamatan, menanya, asosiasi, dan komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran dalam menunggu respon akseptor didik alasannya mereka belum terbiasa. Selain itu bertambahnya jam berguru memungkinkan guru melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.

Untuk dokumen selengkapnya dapat diunduh disini.

0 Response to "Nih Kompetensi Dasar, Inti Dan Struktur Kurikulum 2013 Smp"

Posting Komentar