Nih Definisi Kesulitan Belajar

DEFINISI KESULITAN BELAJAR

Menurut National Institute of Health, USA kesulitan berguru adalah hambatan/gangguan berguru pada anak dan cukup umur yang ditandai oleh adanya kesenjangan yang signifikan antara taraf intelegensia dan kemampuan akademik yang seharusnya dicapai. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kesulitan berguru kemungkinan disebabkan oleh gangguan di dalam sistem saraf sentra otak (gangguan neurobiologis) yang sanggup menjadikan gangguan perkembangan menyerupai gangguan perkembangan bicara, membaca, menulis, pemahaman dan berhitung.

Selain definisi tersebut di atas, berdasarkan Sudrajat kesulitan berguru siswa meliputi pengertian yang luas, di antaranya:
a) learning disorder
b) learning disfunction
c) underachiever
d) slow learner
e) learning disabilities.


Di bawah ini akan diuraikan dari masing-masing pengertian tersebut.

Learning Disorder

Learning disorder atau kekacauan berguru ialah keadaan dimana proses berguru seseorang terganggu lantaran timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya, yang mengalami kekacauan belajar, potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan, sehingga hasil berguru yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya. Contoh: siswa yang sudah terbiasa dengan olah raga keras menyerupai karate, tinju dan sejenisnya, mungkin akan mengalami kesulitan dalam berguru menari yang menuntut gerakan lemah-gemulai.

Learning Disfunction

Learning disfunction merupakan tanda-tanda dimana proses berguru yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, meskipun bantu-membantu siswa tersebut tidak menawarkan adanya subnormalitas mental, gangguan alat indra, atau gangguan psikologis lainnya. Contoh: siswa yang yang mempunyai postur badan yang tinggi atletis dan sangat cocok menjadi atlet bola volley, namun lantaran tidak pernah dilatih bermain bola volley, maka beliau tidak sanggup menguasai permainan volley dengan baik.

Under Achiever

Under achiever mengacu kepada siswa yang sesungguhnya mempunyai tingkat potensi intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Contoh: siswa yang telah dites kecerdasannya dan menawarkan tingkat kecerdasan tergolong sangat unggul (IQ = 130 – 140), namun prestasi belajarnya biasa-biasa saja atau malah sangat rendah.

Slow Learner

Slow learner atau lambat berguru ialah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membut
uhkan waktu yang lebih usang dibandingkan sekelompok siswa lain yang
memiliki taraf potensi intelektual yang sama.

Learning Disabilities

Learning disabilities atau ketidakmampuan berguru mengacu pada tanda-tanda dimana siswa tidak bisa berguru atau menghindari belajar, sehingga hasil berguru di bawah potensi intelektualnya.

Dari pernyataan di atas, sanggup disimpulkan bahwa kesulitan berguru ialah suatu kesulitan yang berdampak serius pada kemampuan anak didik dalam mendapatkan pelajarannya. Kesulitan tersebut berasal dari luar (eksternal) dan dari dalam (internal) anak didik. Yang terpenting dari hal ini ialah bagaimana guru, orang bau tanah dan masyarakat sekitar untuk sanggup mengatasinya. Dengan demikian perlu kiranya untuk sanggup mengetahui faktor-faktor apa yang melatarbelakangi sehingga kesulitan ini bisa terjadi. Sehingga dengan pengetahuan yang ada guru, orang bau tanah dan masyarakat lain sanggup mengambil tindakan yang efektif.

0 Response to "Nih Definisi Kesulitan Belajar"

Posting Komentar