Nih Tes Untuk Mengetahui Gaya Berguru Anak
Anda sanggup membantu anak Anda untuk mengenal gaya belajarnya dengan mengisi kuis di bawah ini. Mintalah anak Anda untuk mengerjakan tes ini.
A | ü |
---|---|
Jika mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksinya terlebih dahulu | |
Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan penjelasan | |
Saya selalu sanggup menyampaikan arah Utara atau Selatan di mana pun saya berada | |
Saya suka menulis surat, jurnal atau buku harian | |
Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya menciptakan gambar dari apa yang mereka katakan dalam pikiran saya | |
Saat melihat obyek dalam bentuk gambar, saya sanggup dengan gampang mengenali obyek yang sama walaupun posisi obyek itu diputar/diubah | |
Saya sering mencoret-coret kertas pada ketika berbicara di telepon atau dalam kelas | |
Saya lebih suka membacakan kisah daripada mendengarkan | |
Saya sanggup dengan cepat melaksanakan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya | |
Saya suka mengeja dan pintar mengeja kata-kata | |
Saya suka mencatat perintah/instruksi yang disampaikan pada saya | |
B | ü |
Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset daripada membaca buku. | |
Saat seorang diri, saya biasanya memainkan musik/lagu atau bernyanyi | |
Saat berbicara, saya suka mengatakan,"Saya mendengar anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus." | |
Saya tahu hampir semua kata dari lagu yang saya dengar | |
Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang usang dengan mitra saya ketika berbicara di telepon | |
Tanpa musik, hidup amat membosankan | |
Saya sangat bahagia berkumpul dan biasanya sanggup dengan gampang berbicara dengan siapa saja | |
Saya lebih suka musik daripada seni lukis | |
Saya lebih suka berbicara daripada menulis | |
Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saya ketika sedang nonton TV | |
Saya sanggup mengingat dengan gampang apa yang orang katakan | |
Total | |
C | ü |
Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku | |
Ruangan, meja, atau kamar saya biasanya berantakan/tidak teratur | |
Saya suka merancang, mengerjakan dan menciptakan sesuatu dengan kedua tangan saya | |
Saya suka olahraga dan rasanya saya yaitu olahragawan yang baik | |
Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu | |
Saya lebih suka melaksanakan pola peragaan daripada menciptakan laporan tertulis atas suatu kejadian | |
Saya biasanya berbicara dengan perlahan | |
Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi | |
Saya biasanya memakai jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca | |
Saya paling gampang mencar ilmu sambil mempraktekkan/melakukan | |
Sangat sulit bagi saya untuk duduk membisu dalam waktu yang lama | |
Total |
Apabila jumlah terbanyak berada pada:
Tabel A maka gaya mencar ilmu anak anda yaitu Visual.
Tabel B maka gaya mencar ilmu anak anda yaitu Auditori.
Tabel B maka gaya mencar ilmu anak anda yaitu Kinestetik
Setelah menemukan gaya belajarnya, perhatikanlah strategi-strategi yang sesuai dengan gaya mencar ilmu anak anda.
1. Strategi-strategi mencar ilmu untuk gaya belajar Visual adalah:
- Manfaatkan pengkodean warna untuk membantu daya ingat dengan memakai pena warna-warni.
- Tulis kalimat dan istilah yang merupakan informasi kunci dari buku pelajaran
- Apabila mempelajari informasi yang bersifat angka-angka dan rumus, tulislah pemahaman anda ihwal materi itu dalam bentuk tulisan.
- Tandai pada bab pinggir buku pelajaran dengan kata-kata kunci, simbol dan diagram yang sanggup menolong anda untuk mengingat teks yang telah dibaca.
- Sedapat mungkin, terjemahkan kata-kata dan ide-ide ke dalam simbol, gambar dan diagram.
2. Strategi-strategi mencar ilmu untuk gaya mencar ilmu Auditori adalah:
- Bergabunglah dengan kelompok mencar ilmu untuk membantu anda mempelajari bahan-bahan pelajaran.
- Ketika mencar ilmu sendiri, ucapkan informasi-informasinya dengan bunyi keras.
- Gunakan tape recorder untuk merekam informasi-informasi yang penting, sehabis itu dengarkan kembali informasi-informasi yang penting tersebut.
- Apabila mempelajari informasi yang bersifat angka dan rumus, terjemahkan dengan cara anda sendiri yang sanggup anda mengerti ihwal informasi gres itu, kemudian kembali didengarkan untuk memahaminya.
3. Strategi-strategi mencar ilmu untuk gaya mencar ilmu Kinestetik adalah:
- Duduklah di depan kelas dan buat catatan selama pelajaran
- Ketika belajar, jalan mondar-mandir sambil mengingat informasi yang penting
- Dalam mengingat informasi baru, salinlah poin-poin kunci pada kertas atau karton yang besar
- Pikirkan cara-cara untuk menciptakan pengetahuan anda nyata, menyerupai memegang sesuatu yang berkaitan dengan apa yang dipelajari. Misalnya, mempelajari ihwal flora maka carilah flora yang sesuai dengan pelajaran tersebut dan lakukanlah eksperimen.
Agar sanggup menemukan gaya belajar yang sesuai, setiap orangtua harus mau memperhatikan gaya mencar ilmu apa yang dipakai oleh anaknya. Selain orangtua, anaknya sendiri juga mau mengeksplorasi diri dengan memperhatikan setiap hal yang menciptakan acara mencar ilmu menjadi lebih gampang dan menyenangkan. Apakah dengan membaca buku, menonton video, mendengarkan ceramah atau berjalan mondar-mandir sekalipun tidaklah menjadi masalah.
Hal yang terpenting yaitu anak anda sanggup menyerap informasi dengan maksimal dengan gaya mencar ilmu yang sesuai dengan diri mereka. Janganlah terpaku dengan cara mencar ilmu yang konvensional, menyerupai duduk manis dan membaca buku dengan tenang. Namun, belajarlah dengan gaya mencar ilmu yang paling nyaman dan sesuai dengan diri mereka sendiri.
Dengan taktik mencar ilmu yang tepat, setiap anak diperlukan sanggup semakin memahami semua materi yang dipelajarinya.
Selamat bereksplorasi.
Daftar Pustaka:
Gunawan, A. W. (2004). Genius learning strategy: Petunjuk mudah untuk menerapkan accelerated learning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Jester, C. (1999). Learning: It’s a matter of style. McGrawHill.
Shella Anastasia, S. Psi.
Pusat Konseling & Pelatihan IPEKA
0 Response to "Nih Tes Untuk Mengetahui Gaya Berguru Anak"
Posting Komentar