Nih Sistem Kluster, Konsep Gres Honor Pns

Sistem penggajian PNS 2016,  akan diubah. Selama ini, PNS dari golongan 1 hingga empat di semua tempat mempunyai honor yang sama. Padahal dari sisi pendapatan orisinil daerah, jumlah penduduk, dan biaya hidup, tentu saja berbeda.
Bagaimana konsep gres tersebut? Apa perbedaan dengan sistem honor PNS yang lama? Berikut klarifikasi Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN)

  1. Sistem cluster honor PNS perlu diberlakukan dengan hati-hati dengan banyak sekali pertimbangan.
  2. Sosialisasi mengenai dilema sistem cluster honor PNS akan dilaksanakan pada Desember tahun ini.
  3. Sistem cluster itu yaitu besaran honor yang diterima PNS diklasifikasikan sesuai rayon. Salah satu tolok ukurnya yaitu PAD, jumlah penduduk, tingkat kemahalan, dan lain-lain.
  4. dari tiga komponen honor PNS, honor pokok, pinjaman kinerja, dan pinjaman kemahalan, besar honor pokok setiap PNS sama baik sentra dan daerah, tergantung golongannya berapa. Sedangkan pinjaman kinerja dan pinjaman kemahalan berbeda-beda. Inilah nanti yang akan dicluster.
  5. Simulasi sistem cluster sudah mulai dilaksanakan di tiap-tiap daerah. bila persentasenya kecil maka dananya berlebih. Sebaliknya di tempat yang PAD-nya kecil, jika persentase gajinya diperbesar, pemda yang akan kelabakan alasannya yaitu susah membayar.

 Demikian tadi sedikit klarifikasi mengenai sistem cluster penggajian PNS yang direncanakan akan mulai diterapkan di 2016

0 Response to "Nih Sistem Kluster, Konsep Gres Honor Pns"

Posting Komentar