Nih 10 Taktik Guru Meningkatkan Motivasi Belajar

Motivasi mencar ilmu merupakan kekuatan (power motivation), daya pendorong (driving force), atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang berpengaruh dalam diri penerima didik untuk mencar ilmu secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam perubahan perilaku, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Agar motivasi mencar ilmu tesebut dimiliki oleh penerima didik maka dituntut kepiawaian guru dalam memilih taktik yang sempurna dalam pembelajaran sehingga bisa menumbuhkan motivasi mencar ilmu penerima didik. Apabila penerima didik sudah termotivasi untuk mencar ilmu dengan sendirinya akan berdampak terhadap proses dan hasil pembelajaran yang diperlukan serta sanggup dijadikan dasar mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran oleh penerima pendidik.


 atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang berpengaruh dalam diri penerima didik untuk bela Nih 10 Strategi Guru Meningkatkan Motivasi Belajar
Ada beberapa taktik yang bisa dipakai oleh guru untuk menumbuhkan motivasi mencar ilmu siswa, sebagai berikut:

1. Menjelaskan tujuan mencar ilmu ke penerima didik.
Pada permulaan mencar ilmu mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya kepada siwa. Makin terperinci tujuan maka makin besar pula motivasi dalam belajar.

2. Hadiah
Berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa mencar ilmu lebih ulet lagi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.

3. Saingan/kompetisi
Guru berusaha mengadakan persaingan di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

4. Pujian
Sudah sepantasnya siswa yang berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya kebanggaan yang bersifat membangun.

5. Hukuman
Hukuman diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan ketika proses mencar ilmu mengajar. Hukuman ini diberikan dengan impian semoga siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.

6. Membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar
Strateginya yaitu dengan menawarkan perhatian maksimal ke penerima didik.

7. Membentuk kebiasaan mencar ilmu yang baik
8. Membantu kesulitan mencar ilmu anak didik secara individual maupun kelompok
9. Menggunakan metode yang bervariasi, dan
10. Menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran

0 Response to "Nih 10 Taktik Guru Meningkatkan Motivasi Belajar"

Posting Komentar