Nih 80 Persen Smp Negeri Lakukan Kecurangan Un


80 Persen Sekolah Menengah Pertama Negeri di Indonesia Lakukan Kecurangan UN
Mendikbud Anies Baswedan memberikan kecurangan ujian nasional (UN) terjadi di 80 persen Sekolah Menengah Pertama negeri se-Indonesia. Tindakan yang sama pun terjadi di 89 persen madrasah tsanawiyah negeri.

Berdasarkan matriks Indeks Integritas UN (IIUN) sekolah-sekolah swasta dinilai lebih jujur. Sebab IIUN jauh lebih tinggi dari pada sekolah negeri. "Hanya ada 58 persen Sekolah Menengah Pertama swasta yang indeks integritasnya rendah. Sedangkan MTS swasta 71 persen," ujar Anies di SMPN 1 Kota Magelang, Kamis (11/6).

Nilai IIUN sendiri dihasilkan dari analisis contoh balasan pada sekolah-sekolah yang memakai sistem paper based test (PBT). Sedangkan berdasarkan Anies, untuk sekolah pelaksana Computer Based Test (CBT) sanggup dipastikan IIUN-nya 100 persen. Standar Integritas pelaksanaan UN sendiri berada pada skala 80 persen.
Anies
"Kalau indeks integritas sekolah sudah 80 persen, itu artinya 80 persen siswa di sekolah tersebut melakukan UN dengan jujur dan berintegritas," tutur Anies. Ia mengakui, kini masih banyak sekolah yang berintegritasnya rendah. Maka itu problem ini harus segera dipecahkan.

Sebagai langkah awal, Kemendikbud akan memberikan hasil IIUN pada masing-masing kepala daerah. Bahkan nilai integritas sekolah sanggup dilihat pada website Kemendikbud. Baik Sekolah Menengah Pertama dan SMA. "Kondisi ini merupakan potret awal bagi kita semua. Juga sebagai materi koreksi untuk pelaksanaan proses pendidikan selanjutnya," papar Anies.

Selanjutnya Kemendikbud akan mengundang semua kepala sekolah yang mempunyai nilai IIUN di atas 80 persen untuk berkumpul di Jakarta. Hal tersebut ditujukan sebagai apresiasi atas janji kejujuran dalam penyelenggaraan UN. "Jadi jikalau ada kepala sekolah yang tidak diundang oleh kami. Itu artinya integritas sekolah tersebut rendah," ucap laki-laki yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina itu.

Ia berharap ke depannya IIUN sekolah-sekolah di Indonesia sanggup semakin meningkat. Namun Anies enggan menyebutkan berapa sasaran yang akan dia canangkan untuk pencapaian IIUN tahun depan. Adapun Sekolah Menengah Pertama penyelenggara UN dengan sistem PBT tahun ini ialah 52.163 sekolah. Sedangkan CBT 42 sekolah.

Dari sekian banyak Sekolah Menengah Pertama pelaksana UN dengan sistem PBT, yang mencapai IIUN di atas 80 persen hanya sedikit. Sekolah Menengah Pertama negeri 20 persen, Sekolah Menengah Pertama swasta 42 persen, MTs negeri 11 persen, MTs swasta 29 persen. Tiga besar sekolah dengan IIUN tertinggi ialah SMPN 1 Magelang dengan IIUN 97,12 dan nilai rata-rata UN 93, 53.

Kedua SMPN 1 Pakem dengan IIUN 96,78 dan nilai rata-rata UN 92,83. Ketiga, SMPN 1 Godean dengan IIUN 96,72 dan nilai rata-rata UN 91,95.

0 Response to "Nih 80 Persen Smp Negeri Lakukan Kecurangan Un"

Posting Komentar