Nih Cara Edit/Hapus Data Di Dapodik


 Update dan Warning

Jika terdapat kesalahan input nama penerima didik dan PTK, jangan pernah mengubah dengan inspect elemen, diusahakan juga jangan dihapus namun dengan menggunakan verval PD  dan verval PTK. Sesuai dengan FAQ (tanya jawab dapodikdas 2014) yang sanggup di download di sini


Jika  terdapat kesalahan input nama penerima didik dan PTK Nih Cara Edit/Hapus Data di Dapodik
edit data siswa
Kendala atau permasalahan utama pada aplikasi dapodik 3.00 ini salah satunya yaitu cara mengubah data tanggal lahir atau nama yang salah contohnya nama siswa atau guru. Pada dapodik 2.07 oleh pengembang aplikasi dapodik sudah dikunci / didisable fitur pengeditan nama dan tanggal lahir penerima didik dan guru. Cukup banyak alasan mengapa hal ini (penguncian) dilakukan. Salah satunya semoga operator tidak asal-asalan input data, serta untuk keperluan verval NISN/peserta didik.

Dari sebagian blog saya membaca ada satu teknik yaitu mengubah aba-aba dalam aplikasi, yang barang tentu tidak semua operator sanggup melakukannya terkecuali mereka yang sudah usang berkecimpung mengenal coding/ komputer. Lagipula hal ini sangat tidak disarankan alasannya sanggup merusak data di server dapodik itu sendiri.

Jika saya boleh menyarankan lebih baik menghapus data diaplikasi daripada mengedit nama dan tanggal lahir yang sudah jelas-jelas ada dalam server dapodik dan PDSP (terkait verval penerima didik). Kemudian kita input ulang.

Nah bagaimana cara menghapus data diaplikasi dapodik. Kaprikornus yang saya maksud disini yaitu data yang ada di tab-tab utama, penerima didik, PTK, prasarana dll.

Pertama kali kita harus mengenali dulu apa yang disebut data turunan, yaitu data Data anak; data-data lain yang mengacu atau menggunakan data induknya.


Sebagai pola saya akan menghapus data seorang siswa berjulukan Citra Sari siswa kelas 1.

Masuk ke tab penerima didik, Klik nama siswa ybs, kemudian Klik Hapus maka akan muncul pemberitahuan Bagi Peserta Didik yg sudah lulus, harap keluarkan melalui tombol Registrasi, Klik Ya

Jika  terdapat kesalahan input nama penerima didik dan PTK Nih Cara Edit/Hapus Data di Dapodik

Muncul menyerupai gambar di atas, namun kita tidak sanggup menghapus. Karena masih ada DATA TURUNAN yang belum dihapus pada data penerima didik tersebut, menyerupai pendaftaran PD, Data rinci periodik PD serta masuk anggota rombel. nah ketiga item inilah yang harus dihapus terlebih dahulu.
  1. Jika data rinci periodik, Klik nama PD > Klik Ubah > Lihat data rincipaling bawah > Klik hapus
  2. Jika anggota rombel, masuk ke tab Rombongan Belajar > Pilih nama rombel yang data siswanya ada di rombel tersebut >Klik Anggota rombel > Klik Keluarkan anggota rombel.
  3. Jika Registrasi PD > Klik Nama Siswa > Klik Registrasi > Klik Hapus
Jika  terdapat kesalahan input nama penerima didik dan PTK Nih Cara Edit/Hapus Data di Dapodik

 Maka data turunna menjadi 0,dan data penerima didik keseluruhan sanggup dihapus.

Jika  terdapat kesalahan input nama penerima didik dan PTK Nih Cara Edit/Hapus Data di Dapodik

Pertanyaannya, bagaimana bila siswa tersebut kelas 2 ke atas yang data turunannya masing-masing lebih dari satu? Prosesnya yaitu bergantian login ke semester 1 dan 2 tahun aliran sebelumnya. Keluar dulu pada aplikasi, kemudian login di tahun aliran sebelumnya. Lakukan ulang menyerupai 3 tahapan di atas.

Catatan:
Cara ini juga sanggup dilakukan terhadap data PTK/Guru dan sarana/prasarana. Ingat hapus data turunan keseluruhan tiap tahun aliran (ada 3 semester). pastikan data turunan sudah 0, maka data utama gres sanggup dihapus.

Related Posts