Nih 5.000 Bangku Cpns Untuk Lintas Disiplin Ilmu

5.000 Kursi CPNS untuk Lintas Disiplin Ilmu
----------------------------------------------------------

JAKARTA - Terlanjur kuliah di jadwal studi (prodi) yang jarang ada kuota CPNS, tidak perlu cemas. Pasalnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mengalokasikan sebanyak 5.000 dingklik untuk pelamar CPNS lintas disiplin ilmu.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman menuturkan, total alokasi dingklik CPNS gres tahun ini mencapai 100 ribu kursi.

Total alokasi itu tersebar di instansi sentra maupun daerah. Nah dari total kuota itu, 5.000 dingklik (5 persen) disiapkan untuk pelamar lintas disiplin ilmu.

"Ini sejarah," kata Herman kemarin. Dia menyampaikan selama ini belum pernah ada dingklik CPNS gres yang boleh diiso oleh pelamar yang lain disiplin ilmu. Pengisian dingklik CPNS selama ini kaku dan hanya melihat disiplin ilmu yang tertera di ijazah pelamar.

Herman menyampaikan dibukanya kuota CPNS gres untuk pelamar dari banyak sekali disiplin ilmu ini merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi. Dia menyampaikan upaya ini mengadopsi sistem seleksi yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau tubuh perjuangan swasta.

Setelah dipelajari, Herman mencontohkan pengisian posisi jabatan middle to high di bank-bank swasta banyak diisi oleh sarjana dari IPB.

"Di IPB tentu tidak ada jurusan kuliah perbankan," katanya. Tetapi dengan kualitas keilmuan yang tinggi, alumni yang lintas disiplin ilmu itu sukses didudukkan di posisi apa saja.

"Kita mencontoh itu," ucapnya. Sumber daya unggul menyerupai itu, sayang kalau tidak direkrut untuk duduk membenahi birokrasi pemerintahan. Herman berharap seluruh sarjana dari banyak sekali disiplin ilmu, khususnya yang selama ini jarang ada gugusan CPNS-nya, untuk berkemas-kemas menyambut tes CPNS 2014 beberapa bulan lagi.

Skemanya kuota 5.000 dingklik untuk pelamar lintas disiplin ilmu itu akan disebar ke instansi sentra atau daerah. Mereka nantinya akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan pemerintah. Makara dikala mereka mendaftar, belum dapat diketahui gugusan pekerjaannya.

Sementara itu Herman juga membuktikan perkembangan pengurusan NIP bagi tenaga honorer kategori II yang dinyatakan lulus CPNS. Dia menyampaikan dikala ini gres sekitar 20 persen ajuan pemberkasan NIP yang masuk ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pemberkasan NIP ini seret alasannya instansi cukup hati-hati dalam melayangkan pemberkasan. Mereka harus memastikan tidak ada tenaga honorer bodong atau siluman yang lolos sampai pemberkasan.

Konsekuensinya yaitu pejabat pembina kepegawaian akan dikenai hukuman pidana. Sedangkan CPNS yang terbukti awalnya tenaga honorer bodong, akan didiskualifikasi. (wan)

Sumber:
http://www.jpnn.com/read/2014/06/06/238691/5.000-Kursi-CPNS-untuk-Lintas-Disiplin-Ilmu-

0 Response to "Nih 5.000 Bangku Cpns Untuk Lintas Disiplin Ilmu"

Posting Komentar