Nih Cek Kelulusan Snmptn 2014

Hasil SNMPTN 2014 Diumumkan Hari Ini
Jakarta, Kemdikbud --- Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2014 diumumkan hari ini, Selasa (27/05/2014), pukul 12.00 WIB. Peserta SNMPTN sanggup mengecek hasil seleksi secara daring atau online melalui laman: www.snmptn.ac.id , http://snmptn.ui.ac.id , http://snmptn.itb.ac.id , http://undip.ac.id , dan http://snmptn.its.ac.id.

Ketua Panitia SNMPTN 2014, Ganjar Kurnia menjelaskan, siswa jenjang pendidikan menengah yang paling banyak mendaftar SNMPTN ialah siswa Sekolah Menengan Atas dengan jumlah 579.028 orang. Kemudian diikuti oleh siswa Sekolah Menengah kejuruan sebanyak 113.592 orang, dan siswa MA sebanyak 84.916 orang. Sedangkan untuk sebaran pendaftar per provinsi, Jawa Timur menjadi provinsi dengan pendaftar terbanyak, kemudian diikuti Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Nanggore Aceh Darussalam.

  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  Nih Cek Kelulusan SNMPTN 2014


"Yang (pendaftarnya) paling sedikit di Papua Barat," ujar Ganjar ketika jumpa pers di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, (26/05/2014). Sementara itu, Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi universitas terfavorit dalam SNMPTN 2014 dengan jumlah pendaftar terbanyak, yaitu 73.272 orang. Kemudian diikuti Universitas Gadjah Mada (62.875 orang), Universitas Sumatera Utara (60.308 orang), Universitas Diponegoro (57.527 orang), dan Universitas Brawijaya (56.900 orang).

Dalam jumpa pers tersebut, Ganjar yang juga Rektor Unpad itu memaparkan 10 besar jadwal studi (prodi) dengan peminat tertinggi, yaitu Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Teknologi Informasi/Sistem Informasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Hukum, Pendidikan Dokter, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Farmasi, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Sekretaris Panitia SNMPTN 2014, Triyogi mengatakan, salah satu alasan prodi IPS menjadi prodi dengan peminat yang tinggi ialah sebab siswa Sekolah Menengan Atas dari jurusan IPA sanggup mendaftar untuk prodi IPA dan IPS. Sedangkan siswa Sekolah Menengan Atas dari jurusan IPS hanya sanggup mendaftar untuk prodi IPS, tidak untuk prodi IPA.

Peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN harus melihat mekanisme pendaftaran ulang atau pendaftaran di laman Perguruan Tinggi Negeri masing-masing. Kemudian kehadiran pada ketika pendaftaran pribadi sangat penting sebab akan memilih proses verifikasi dan status penerimaan. Bagi peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi data akademik juga dilakukan verifikasi data ekonomi dan/atau kunjungan ke alamat tinggal. Setelah dinyatakan lolos verifikasi, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN gres resmi ditetapkan sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri pilihannya.

Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014, Ganjar Kurnia menyampaikan pendaftar SNMPTN yang dinyatakan lulus, tidak serta merta diterima sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri pilihannya. Status penerimaan sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri pilihan akan ditentukan menurut verifikasi data akademik (rapor dan portofolio yang akan dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Negeri kawasan pendaftar dinyatakan diterima.

Selain itu, nilai ujian nasional (UN) juga dijadikan sebagai pertimbangan diterimanya calon mahasiswa. Ganjar mengatakan, setiap perguruan tinggi mempunyai cara masing-masing dalam memilih persyaratan atau formulasi bagaimana nilai UN akan dipakai sebagai pertimbangan penerimaan calon mahasiswa. "Universitas juga memilih standar masing-masing. Ada nilai-nilai yang harus dipenuhi secara minimal," terperinci Ganjar ketika jumpa pers mengenai hasil SNMPTN 2014 di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, (26/05/2014).

Liha juga SNMPTN 2015

0 Response to "Nih Cek Kelulusan Snmptn 2014"

Posting Komentar