Nih Pengamatan Sikap

penilaian sikap dalam evaluasi otentik Penilaian Nih Pengamatan SikapPenilaian autentik merupakan evaluasi yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Pengamatan Sikap
Penilaian sikap melalui pengamatan sanggup memakai jurnal, evaluasi diri, dan evaluasi antar teman. Jurnal yaitu catatan pendidik yang sistematis di dalam dan di luar kelas yang berisi warta hasil pengamatan wacana kekuatan dan kelemahan penerima didik berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal sanggup memuat evaluasi siswa terhadap aspek tertentu secara kronologis.


Kriteria evaluasi jurnal yaitu sbb:
•    Mengukur capaian kompetensi sikap yang penting.
•    Sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator.
•    Menggunakan format yang sederhana dan gampang diisi/digunakan.
•    Dapat dibentuk rekapitulasi tampilan sikap penerima didik secara kronologis.
•    Memungkinkan untuk dilakukannya pencatatan yang sistematis, terperinci dan komunikatif.
•    Format pencatatan memudahkan dalam pemaknaan terhadap tampilan sikap penerima didik
•    menuntun guru untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan penerima didik.


Penilaian-diri (self assessment) termasuk dalam rumpun evaluasi kinerja. Penilaian diri merupakan suatu teknik evaluasi di mana penerima didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status,  proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu.

Teknik evaluasi diri sanggup dipakai untuk mengukur kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor.
  1. Penilaian ranah sikap Misalnya, penerima didik diminta mengungkapkan curahan perasaannya terhadap suatu objek tertentu menurut kriteria atau contoh yang telah disiapkan;
  2. Penilaian ranah keterampilan Misalnya,  penerima didik diminta untuk menilai kecakapan atau keterampilan yang telah dikuasainya oleh dirinya menurut kriteria atau contoh yang telah disiapkan;
  3. Penilaian ranah pengetahuan  Misalnya, penerima didik diminta untuk menilai penguasaan pengetahuan dan keterampilan berpikir sebagai hasil mencar ilmu dari suatu mata pelajaran tertentu menurut atas kriteria atau contoh yang telah disiapkan.
Teknik penilaian-diri bermanfaat mempunyai beberapa manfaat positif. Pertama, menumbuhkan rasa percaya diri penerima didik. Kedua, penerima didik menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya. Ketiga, mendorong, membiasakan, dan melatih penerima didik  berperilaku jujur. Keempat, menumbuhkan semangat untuk maju secara personal.

Penilaian antar sobat yaitu evaluasi yang dilakukan terhadap sikap seorang penerima didik oleh seorang (atau lebih) penerima didik lainnya dalam suatu kelas atau rombongan belajar. Penilaian ini merupakan bentuk evaluasi untuk melatih penerima didik penilai menjadi pembelajar yang baik. Instrumen sesuai dengan kompetensi  dan indikator yang akan diukur. Kriteria evaluasi antar sobat yaitu sbb:
  • Indikator sanggup dilakukan melalui pengamatan oleh penerima didik
  • Kriteria evaluasi dirumuskan secara simpel atau sederhana
  • Menggunakan bahasa lugas dan sanggup dipahami penerima didik
  • Menggunakan format evaluasi sederhana dan gampang dipakai oleh penerima didik
  • Kriteria evaluasi yang dipakai jelas, tidak berpotensi munculnya penafsiran makna ganda/berbeda
  • Indikator menunjukkan  sikap penerima didik dalam situasi yang konkret atau bergotong-royong
  • Instrumen sanggup mengukur sasaran kemampuan yang akan diukur (valid)
  • Memuat indikator kunci atau esensial yang mengatakan penguasaan satu kompetensi penerima didik
  • Indikator mengatakan sikap yang sanggup diukur
  • Mampu memetakan sikap penerima didik dari kemampuan pada level terendah hingga kemampuan tertinggi.

Related Posts