Nih Evaluasi Portofolio

Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio merupakan penilaian atas kumpulan artefak yang menawarkan kemajuan dan dihargai sebagai hasil kerja dari dunia nyata. Penilaian portofolio bisa berangkat dari hasil kerja akseptor didik secara perorangan atau diproduksi secara berkelompok, memerlukan refleksi akseptor didik, dan dievaluasi menurut beberapa dimensi.

Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan isu yang menawarkan perkembangan kemampuan akseptor didik dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut sanggup berupa karya akseptor didik dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik, hasil tes (bukan nilai), atau isu lain yang releban dengan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dituntut oleh topik atau mata pelajaran tertentu.

Fokus penilaian portofolio yaitu kumpulan karya akseptor didik secara individu atau kelompok pada satu periode pembelajaran tertentu. Penilaian terutama dilakukan oleh guru, meski sanggup juga oleh akseptor didik sendiri.

Melalui penilaian portofolio guru akan mengetahui perkembangan atau kemajuan berguru akseptor didik. Misalnya, hasil karya mereka dalam menyusun atau menciptakan karangan, puisi, surat, komposisi musik, gambar, foto, lukisan, resensi buku/ literatur, laporan penelitian, sinopsis, dan lain-lain. Atas dasar penilaian itu, guru dan/atau akseptor didik sanggup melaksanakan perbaikan sesuai dengan tuntutan pembelajaran.
Penilaian portofolio dilakukan dengan memakai langkah-langkah menyerupai berikut ini.
  • Guru menjelaskan secara ringkas esensi penilaian portofolio.
  • Guru atau guru bersama akseptor didik memilih jenis portofolio yang akan dibuat.
  • Peserta didik, baik sendiri maupun kelompok, berdikari atau di bawah bimbingan guru menyusun portofolio pembelajaran.
  • Guru menghimpun dan menyimpan portofolio akseptor didik pada daerah yang sesuai, disertai catatan tanggal pengumpulannya.
  • Guru menilai portofolio akseptor didik dengan kriteria tertentu.
  • Jika memungkinkan, guru bersama akseptor didik membahas bersama dokumen portofolio yang dihasilkan.
  • Guru memberi umpan balik kepada akseptor didik atas hasil penilaian portofolio.

0 Response to "Nih Evaluasi Portofolio"

Posting Komentar